Jumat, 24 Juli 2009

Apa yang akan kamu lakukan jika mendapatkan uang 1 juta dollar??

Kalau saya, apa ya, yang kira-kira akan saya lakukan? Mungkin saya akan membelanjakannya, membeli barang-barang yang selama ini tidak bisa saya beli. Mungkin juga akan menginvestasikannya, bisa beli property, emas, berlian, atau mungkin bangun usaha, main salah. Mungkin juga saya akan kebingungan setengah mati sampai-sampai tidak tahu harus bagaimana dengan uang sebanyak itu, karena seumur hidup saya, saya belum pernah melihat uang sebanyak itu. Membayangkan saja tidak pernah.

Seperti yang terjadi pada joey coyle, tokoh dalam Joey, Si Frustasi Yang Beruntung. Joey yang pengangguran dan pencandu berat, tanpa sengaja menemukan uang 1 juta dollar tergetelak begitu saja di jalanan. Ternyata uang itu adalah milik salah satu perusahaan keuangan terkenal yang terjatuh. Joey yang seumur hidup belum pernah melihat uang sebanyak itu, langsung ngiler. Joey menjadi gila, bingung, akan diapakan uang sebanyak itu. Joey tentu saja tidak ingin mengembalikan uang itu dan hanya mendapatkan imbalan kecil, yang tak ada artinya bilang dibandingkan dengan uang 1 juta dollar yang kini ada digenggamannya.

Malang, dasar sifat Joey lugu, polos dan royal. Joey dengan mudahnya malah memberitahukan ke semua orang yang dijumpainya kalau ialah penemu uang yang sedang dicari-cari polisi itu. Joey bahkan dengan suka rela, memberikan uang dan mentraktir setiap orang yang dijumpainya. Walhasil, Joey dengan mudah diringkus polisi. Joey pun di siding dengan tuduhan pencurian, karena aturan Negara menyebutkan bila seseorang menemukan uang di atas 250.000 dollar dan tidak mengembalikannya, maka ia dikatakan mencuri. Tak dinyana, bukannya diputuskan bersalah dan dihukum, Joey, malah dinobatkan sebagai pahlawan masyarat? Seketika, Joey menjadi terkenal dan diidolakan? What?? How come?? Kalau mau tau lebih lengkapnya, baca aja buku Joey, Si Frustasi Yang Beruntung-nya Mark Bowden terbitan ufukpress. Walaupun gak terlalu menggigit, tapi lumayanlah. Ceritanya real dan unik.

Tidak ada komentar: